Baiman Show

 

BAIMAN SHOW (Senin, 16 Maret 2020)

          Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan pemenuhan pelayanan sektor publik dimasa Revolusi 4.0 semakin mendorong institusi pemerintah untuk terus berbenah dan mencari cara agar pembangunan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat. Pemerintah Kota Banjarmasin menjawab tantangan akan kebutuhan itu dengan meluncurkan aplikasi berbasis online bernama Lapor! Baiman. Sehingga diharapkan iklim budaya demokrasi dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan Kota Banjarmasin terus meningkat serta terealisasi tidak hanya di masyarakat umum tapi juga di kalangan dosen dan mahasiswa. Tentu pada akhirnya ini penting sebagai pembuktian secara sosiologis bahwa proses demokrasi tidak hanya berlangsung pada kertas suara ketika pemilu, namun juga berlangsung seterusnya sebagai suatu kebersinambungan.

Strategi ini penting untuk dimanfaatkan ditengah kemajuan teknologi oleh Pemerintah Republik Indonesia, Pemprov Kalimantan Selatan dan terkhususnya Kota Banjarmasin untuk terus memberi kebermanfaatan untuk masyarakat dan rakyat agar dapat bisa menyampaikan aspirasi dan pendapat terkait berbagai hal yang berkaitan dengan birokrasi. Birokrasi yang digambarkan dengan wajah yang kaku ingin diubah sebagai sebuah sistem yang terbuka dan mau menerima evaluasi, hal ini penting agar pembangunan yang tepat sasaran tidak hanya berdasarkan pemahaman para pemangku kebijakan tetapi juga dari sudut pandang masyarakat sebagai sasaran kebijakan. Sebagai program studi yang mempelajari masyarakat serta pembangunan dan berjalan diatas keadaan nyata sosial masyarakat, kehadiran aplikasi Lapor! Baiman ini diharapkan menjadi momentum yang tepat untuk mengajak masyarakat, mahasiswa dan insan dosen untuk turut serta berperan aktif dalam meningkatkan partisipasi serta aspirasi pembangunan masyarakat.

Oleh karena itu, Program Studi Sosiologi FISIP ULM dengan bangga dapat menyelenggarakan kegiatan Talkshow Lapor! Baiman bersama dengan Walikota Banjarmasin, H. Ibnu Sina, S.Pi., M.Si dan juga Wakil Rektor I Univ. Lambung Mangkurat, Dr. H. Aminuddin Prahatama Putra, M.Pd pada hari Senin, 16 Maret 2020 bertempat di Theatre Hall FISIP ULM.. Kesimpulan penting dari talkshow ini adalah diperlukan pembangunan yang tepat sasaran dengan partisipasi tinggi masyarakat penerima kebijakan yang tentu memberikan evaluasi, agar perbaikan terus dapat dilaksanakan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *